Pilihan Makanan Khas Indonesia dari Berbagai Daerah



Indonesia memiliki banyak sekali kota dengan berbagai makanan khas dari masing-masing daerahnya. Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri yang akan membuat para pengunjungnya menjadi rindu. Anda tentu penasaran dengan makanan khas dari berbagai daerah. Berikut ini beberapa makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang bakalan bikin Anda ketagihan.

1.      Ayam Asap Klungkung Pedas

Masakan dari daerah merupakan salah satu jenis masakan paling kompleks di dunia karena menggunakan berbagai jenis rempah-rempah. Tidak hanya itu, masakan bali juga identik dicampur dengan sayuran segar, daging, ikan. Salah satu masakan khas Bali adalah diasap. Anda bisa mendapatkan masakan asap ini secara online.

Ada ayam asap klungkung pedas. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung asli dengan proses masak tradisional menggunakan minyak kelapa yang aromanya khas. Bumbu akan meresap sampai ke bagian tulang ayam. Anda tetap bisa merasakan makanan khas ini hanya dengan memanaskannya.

2.      Paru-Paru Sapi

Makanan yang banyak diminati di Yogyakarta yang sangat khas adalah olahan paru-paru sapi. Salah satu jenis olahannya dijadikan serundeng paru-paru sapi yang digoreng sampai kering dan menjadi camilan. Makanan ini enak menjadi lauk-pauk saat makan dengan rasa yang khas dari parutan kelapa muda dan dipadukan berbagai bumbu tradisional.

Rasanya manis, gurih, dan nikmat. Anda bisa membawanya sebagai oleh-oleh dari Yogyakarta. Jika rindu dengan serundeng paru-paru sapi bisa membelinya secara online di Blibli. Kemasannya berbentuk kaleng yang tahan sampai 6 bulan.

3.      Baso ACI

Makanan khas lainnya dari Garut yaitu bakso aci yang terbuat dari bahan tepung kanji dengan bumbu khasnya. Baso ACI disajikan dengan kuah. Ada pula baso ACI yang menggunakan daging, rasanya mirip seperti cilok.

Nah, baso ACI kini hadir dalam makanan kekinian khas Garut yaitu BOCI Cuanki yang siap saji. Anda bisa memakannya sebagai menu sarapan karena proses masaknya sangat cepat. Harga dari BOCI ini hanya Rp15.000,00.

4.      Bandeng Presto

Ikan Bandeng tentu sudah tidak asing lagi di telinga dengan rasa dagingnya yang manis. Bandeng ini sangat terkenal di Semarang dan menjadi salah satu makanan khas Semarang. Rasanya tidak lengkap jika pulang dari Semarang tanpa mencicipi olahan ikan bandeng dan membawa ikan Bandeng presto ini pulang.

Presto merupakan cara memasak yang khas dengan menggunakan tekanan uap air tinggi. Proses memasaknya dilakukan di dalam panci yang tertutup rapat dan diberi daun pisang di bagian dalam panci di bawahnya. Anda bisa makan Bandeng presto dengan membeli di Blibli yaitu Wingko O Bandeng Presto Vacuum Khas Semarang.

5.      Otak-Otak Makassar

Belum pernah ke Makassar tetapi penasaran dengan makanan khas daerah ini, Anda bisa mencoba salah satunya yaitu otak-otak khas Makassar. Otak-otak dari daerah ini dibuat menggunakan tepung gandum atau sagu yang dicampur dengan ikan tenggiri.

Otak-otak ini dimakan dengan menggunakan saus kacang atau sambal sesuai selera. Anda akan ketagihan dengan rasanya yang gurih. Cocok dijadikan camilan di sore hari sambil menonton televisi. Anda bisa menggorengnya sesuai dengan selera mau kering maupun basah. Rasa ikan tenggirinya akan membuat ketagihan.

Makanan khas Indonesia sudah banyak dijual dalam kemasan frozennya, sehingga Anda bisa mencicipinya kapan saja. Pembelian bisa dilakukan di berbagai tempat, salah satunya blibli.com yang menyediakan berbagai makanan Indonesia. Dari camilan sampai lauk-pauknya. Anda tinggal mengunjungi website dan melakukan pembelian. Makanan dijamin higienis dan enak.