Manfaat Menarik Dari Bernyanyi


Seberapa sering Anda bernyanyi? Menyanyi ternyata mempunyai segudang efek kesehatan yang baik bagi tubuh. Entah itu bernyanyi di kamar mandi, atau ketika di kendaraan, sampai karaoke bersama teman-teman. 

Jika Anda suka menyanyi, bersyukurlah. Sebab, menyanyi sanggup menciptakan Anda lebih sehat. 

1. Bernyanyi mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup


Setidaknya hal ini berlaku untuk orang-orang yang tidak menderita demam panggung. Studi memperlihatkan perubahan mood yang positif terjadi pada penyanyi paduan suara, termasuk merasa lebih bahagia, berkurangnya kecemasan, berkurangnya rasa tertekan, dan secara keseluruhan lebih berani perihal apa yang ditawarkan kehidupan. 

Banyak penelitian ini bergantung pada tindakan yang dirasakan sendiri berdasarkan suasana hati si penyanyi. Dalam hal ini berarti kita tidak tahu banyak perihal perubahan fisikologis antara penyanyi yang mengarah kegembiraan.

2. Mendekatkan dengan orang lain


Dalam hal ini musik menciptakan kita merasa kembali pada zaman Charles Darwin. Salah satu teori yaitu bahwa pengalaman emosional bersama sangat penting untuk hidup bersama dalam kelompok alasannya yaitu hal itu menciptakan kita secara sosial terhubung. 

Salah satu studi yang lebih gres menyatakan kelompok bernyanyi yang gres terbentuk merasa lebih bersahabat satu sama lain sesudah hanya dalam satu bulan latihan bersama anggota kelompok yang gres dibentuk. Para penulis penelitian menyebutnya ternyata waktu  ice breaking  tidak memperlihatkan kesan pertemuan pertaman menjadi sebuah tekanan.

3. Bernyanyi meningkatkan kekebalan pada pasien kanker


Jelas bernyanyi tidak akan menyembuhkan penyakit yang mengancam jiwa. Tapi penelitian terbaru memperlihatkan hal itu bisa membantu menyembuhkan. Peneliti menguji sampel air liur dari sekelompok pasien kanker dan menemukan level tertinggi dari molekul sistem kekebalan  yang disebut sitokin sesudah satu jam bernyanyi paduan suara, ditambah tingkat yang lebih rendah dari hormon stres kortisol. 

Sementara penelitian lebih lanjut diharapkan untuk memilih jenis efek jangka usang dari bernyanyi rutin untuk kesehatan pasien. Studi ini yaitu bukti-bukti awal yang masih sangat sedikit yang menyampaikan bahwa bernyanyi benar-benar bisa mengubah sistem kekebalan tubuh.

4. Baik bagi jantung Anda

Bernyanyi  menuntut beberapa teladan yang cukup spesifik dalam pernapasan Anda. Hal ini tidak sepenuhnya menyerupai yoga yang berarti Anda perlu mencapai teladan yang lebih besar, lambat bernapas, dan dalam prosesnya detak jantung Anda biasanya mulai melambat.  

Yoga dan bernyanyi diduga membantu meningkatkan apa yang lebih kita kenal sebagai perubahan detak jantung, dan ukuran jumlah waktu antara detak jantung, berdasarkan sebuah studi pada 2013. Penelitian ini agak mengherankan, alasannya yaitu ketika anggota paduan bunyi bernyanyi bersama, detak jantung mereka mulai bersingkronisasi, mungkin hal ini memperkuat  faktor korelasi sosial dari kelompok bernyanyi. Hal ini memperlihatkan bahwa menyanyi baik untuk detak jantung.

5. Membantu mengurangi mendengkur


Dalam sebuah studi yang membandingkan penyanyi paduan bunyi dan non-penyanyi  paduan bunyi di London, peneliti menemukan secara signifikan menyanyi mengurangi kerasnya mendengkur. Bahkan sesudah mempertimbangkan factor menyerupai usia dan berat badan. Ketika otot-otot terusan udara Anda melemah, mereka akan bergetar, hal ini mengakibatkan mendengkur.

6. Membantu penderita asma

Bernyanyi yaitu cara glamor untuk bernapas. Tentu, beberapa ilmuwan telah bertanya-tanya apakah alasannya yaitu lebih lambat, jadi napas lebih terarah dan sanggup membantu orang dengan problem pernapasan yang sebenarnya. Sejauh ini, penelitian ini hanya dalam tahap awal, tapi ada beberapa bukti bahwa bernanyi sanggup meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi tanda-tanda orang dengan asma ringan. Studi lebih lanjut niscaya diperlukan, tapi tidak ada salahnya untuk mulai kini berlatih menanyi dengan baik, dilansir dari laman Prevention.