Kemenangan Chile Atas Bolivia Berkat Tendangan Penalti


Chile menang dramatis atas Bolivia di lanjutan penyisihan Grup D Copa America Centenario. Chile menang 2-1 berkat penalti Arturo Vidal di penghujung laga.

Dalam pertandingan di Gillette Stadium, Foxborough, Massachusetts, Sabtu (11/6/2016) pagi WIB, Chile yang sempat unggul lewat gol Vidal di awal babak kedua lalu dibalas oleh Jhasmani Campos. Baru di penghujung babak kedua, Vidal mengeksekusi penalti yang memberi kemenangan untuk Chile.


Chile tampil secara umum dikuasai semenjak babak pertama. Sepanjang pertandingan, Chile tercatat unggul dalam penguasaan bola mencapai 79:21. Alexis Sanchez dkk. melepaskan 19 tembakan, 10 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara dari tiga tembakan Bolivia, hanya satu yang on target.

Meski demikian, Chile tak bisa mencetak gol di babak pertama. Peluang terbaik untuk Chile didapat Alexis Sanchez di menit ke-39. 

Kegagalan Carlos Lampe dalam menghalau umpan silang dari sisi kanan menciptakan bola jatuh ke kaki Vidal. Vidal lalu mengoper kepada Sanchez yang pribadi melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi upaya Sanchez diblok oleh Edward Zenteno sempurna di depan gawang.

Sebelumnya, sepakan voli Pablo Hernandez masih melebar dari gawang. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Chile pribadi menggebrak. Dalam satu menit pertama, Chile mencetak gol lewat sepakan Vidal. Umpan tarik dari Mauricio Pinilla dari sisi kiri kotak penalti pribadi disambar oleh Vidal untuk menjebol gawang Bolivia.


Bolivia gres bisa membalas di menit ke-61. Gol akibat Bolivia dicetak oleh Jhasmani Campos lewat sebuah tendangan bebas spektakuler. Dengan kaki kiri, Campos mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang dan tak bisa dihalau oleh Claudio Bravo.

Sanchez nyaris mengembalikan keunggulan Chile di menit ke-74. Tapi tendangan bebasnya bisa tidak boleh oleh Lampe. Bola muntah yang disambar oleh Edson Puch juga dengan cepat diblok oleh Lampe.


Di penghujung kala injury time, tepatnya di menit ke-98, Chile menerima hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih sehabis Luis Gutierrez dianggap melaksanakan handball di kotak terlarang.

Vidal yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Gol tersebut sekaligus memastikan kemenangan 2-1 untuk Chile.

Dengan kemenangan ini, Chile membuka asa untuk lolos ke perempatfinal. Chile sekarang mengumpulkan tiga poin dari dua langgar dan menempati posisi ketiga di klasemen Grup D. Sementara Bolivia terbenam di dasar klasemen dengan nilai 0.