Cek Harga Mobil Bekas: Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Bekas Sangat Diminati




Mobil merupakan salah satu kebutuhan tersier yang banyak diidamkan oleh hampir semua orang. Beberapa orang terkendala memiliki mobil salah satunya karena faktor biaya. Karena seperti yang kita ketahui, harga mobil baru terbilang cukup mahal untuk didapatkan. Memang untuk mendapatkan mobil terbaru dengan harga selangit bukanlah hal yang sulit dilakukan saat ini, karena bisa saja mengambil pinjaman kredit. Namun daripada berhutang dan cukup menyita keuangan Anda, membeli mobil bekas atau second akan lebih baik. Jika Anda cukup jeli dan teliti, sebenarnya banyak sekali mobil bekas yang berkondisi bagus dan masih layak untuk digunakan bergaya. Anda bisa cek harga mobil bekas di pasaran maupun berbagai situs di internet sebagai perbandingan jika memang membeli mobil bekas terbilang sangat terjangkau.

Bagi Anda yang lebih mengutamakan fungsi dari suatu mobil, bukan prestise-nya maka akan ada banyak alasan kenapa mobil bekas layak untuk Anda miliki. Anda tentu tidak akan ragu lagi membeli mobil bekas untuk kebutuhan kendaraan Anda, karena berbagai alasan berikut ini:

  1. Harga yang relatif lebih murah.
Salah satu alasan utama mobil bekas banyak dipilih oleh banyak orang, terutama karena dari segi harga memang lebih terjangkau. Tentu hal ini bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin memiliki mobil, namun memiliki budget yang terbatas. Harga yang murah juga nantinya akan menguntungkan pembeli karena nanti jika dijual kembali tidak akan mengalami banyak penurunan harga. Dan karena harganya yang lebih murah, Anda tidak perlu dibebani beban untuk berhutang atau mencari pinjaman seperti saat akan membeli mobil baru. Dari segi keuangan pun Anda bisa lebih berhemat. Agar Anda mendapatkan mobil bekas berkualitas, selain cek harga mobil bekas tersebut, pastikan kondisi mobil juga masih bagus dan layak untuk digunakan.

  1. Depresiasi harga.
Salah satu hal yang paling tidak disukai oleh pemilik kendaraan adalah adanya depresiasi, yaitu penurunan harga mobil. Rata-rat pada sebuah mobil akan mengalami penurunan harga sekitar 15-25 % selama lima tahun pertama. Sehingga dibandingkan membeli mobil keluaran terbaru, membeli mobil bekas akan lebih baik. Selain karena faktor harganya yang relatif lebih murah, juga setelah lima tahun tidak akan terjadi penurunan harga yang signifikan.

  1. Tidak perlu inden.
Membeli mobil bekas akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan saat membeli mobil baru. Hal ini lantaran Anda tidak perlu inden atau menunggu untuk bisa memakainya. Pada kasus beberapa pembeli yang tidak sabaran, karena lamanya waktu inden ini tak jarang menyebabkan berubah pikiran untuk membeli.

  1. Biaya perawatan.
Biaya perawatan mobil baru akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas. Karena mobil baru jika diikutkan asuransi, preminya terbilang cukup mahal. Belum lagi untuk kebutuhan bahan bakar, mobil keluaran terbaru umumnya wajib menggunakan bahan bakar non subsidi pemerintah, sehingga akan sangat mahal sehari-harinya.

  1. Fungsi dan kualitas tidak berbeda jauh.
Jika Anda cukup jeli dalam memilih mobil bekas, banyak juga yang masih dalam kondisi bagus, baik dari segi tampilan maupun performanya. Bahkan bisa dikatakan mobil bekas dengan kondisi seperti mobil keluaran terbaru tidak cukup sulit didapatkan asalkan jeli dalam memilihnya. Dari segi fungsi dan kualitas tentunya juga tidak akan ditemukan banyak perbedaan yang berarti jika cukup cermat dalam memilihnya. Sehingga selain cek harga mobil bekas impian Anda, jangan lupa juga perhatikan kondisinya apakah masih bagus dan berkualitas ataukah tidak.